Tuesday, October 23, 2012

SINGAPORE TRIP 2012

 
Sumber : Dokumentasi Pribadi


Halo Guys!!

Singapura memang sudah menjadi salah satu tujuan perjalanan wisata luar negeri yang terkenal buat orang Indonesia. Sekitar 2 jutaan turis asal Indonesia berkunjung ke Singapura tiap tahunnya, angka yang luar biasa. Singapura memiliki beberapa lokasi wisata dan berbelanja yang menarik dan yang pasti terorganisir dengan sangat baik. Oke, tanpa berlama-lama lagi, saya paparkan perjalanan singkat ke singapura versi saya.

Hal pertama adalah perencanaan. Ketika hendak pergi ke Singapura, rencanakan perjalanan anda dengan baik, diantaranya pembelian tiket pesawat, akomodasi hotel, dan lokasi mana saja yang hendak anda akan singgahi. Tiket pesawat PP Sriwijaya Air sekitar 1,2 juta, kemudian booking hotel di situs Agoda, yakni Hotel Le Peranakan (Daerah East Coast Road) 600 ribu/malam. Kondisi hotelnya bagus dan bersih, cocok untuk beristirahat, satu-satunya keluhan adalah kamar hotelnya yang sempit, namun tidak menjadi masalah berarti, karena sepanjang hari saya berada di luar.

DAY 1
Setelah sampai di bandara Changi, saya menuju ke stasiun/halte MRT yang berada di basement terminal 2. Kemudian saya membeli EZ Link Card seharga SGD 12 (saldo awal sebesar SGD 7), kemudian saya top-up SGD 5 sebagai tambahan. EZ Link Card adalah kartu prabayar yang digunakan sebagai alat pembayaran transportasi di Singapura (MRT, Bus, dll). Selama perjalanan, saya lebih banyak menggunakan moda transportasi bus komuter dibanding kereta MRT. Saya naik MRT menuju ke Hotel untuk check-in dan beristirahat sejenak.

Lokasi yang saya singgahi pertama adalah Lucky Plaza, di daerah Orchard Road. Mencari makanan yang tidak terlalu mahal, sekitar SGD 3-6, serta mencari pernak-pernik seharga SGD 10 untuk 3 item, seperti gantungan kunci, korek api,dll. Setelah itu saya beranjak menuju merlion park, letak simbol patung singa kebanggaan Singapura. Menikmati sore hari dan pemandangan sejenak ke arah Marina Bay Sand Hotel di kafe-kafe yang berderet.

Sumber : Dokumentasi Pribadi


DAY 2
Pagi-pagi sekali saya sudah keluar hotel menuju ke Theme Park terkenal di dunia, yakni Universal Studio, yang terletak di kompleks Sentosa Resort. Harga tiket masuknya sekitar SGD 70 untuk dewasa dan SGD 50 untuk anak-anak. Satu hari penuh saya dan keluarga bermain disana, tidak semua wahana dapat saya nikmati karena sangat banyak dan keterbatasan waktu. Mungkin lebih baik anda mengambil tiket 2 day pass supaya bisa menikmati semua wahananya dan tidak terburu-buru.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Sebelum kembali ke hotel, saya dan keluarga makan siang di sore hari di restaurant thailand yang ada di dekat hotel (East Coast Road), yakni restaurant Mad Thai, yang menyediakan menu ayam dan ikan yang sangat menggugah selera, kisaran harga mulai dari SGD 6-9 untuk satu porsi makanannya.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Malam harinya, saya sempatkan lagi jalan-jalan dan berbelanja barang-barang di daerah Bugis Street, disana terdapat banyak macam barang-barang seperti baju, elektronik, dll, kira-kira seperti Mangga dua di Jakarta.

DAY 3
Pagi harinya saya dan keluarga check out dari hotel dan langsung menuju Bandara untuk pulang, karena penerbangan pukul 10 pagi.

Well, cukup sekian yang dapat saya share tentang perjalanan singkat saya ke Singapura, maaf jika penjabarannya kurang baik dan tidak detail, karena sudah beberapa bulan yang lalu, dan kebetulan tidak saya catat dengan baik. Mudah-mudahan bermanfaat untuk kita semua, terutama buat Indonesia, yang harus mengembangkan industri pariwisatanya, karena Indonesia jauh lebih banyak memiliki prospek objek pariwisata dan lebih indah dibandingkan dengan Singapura.

Terima Kasih

1 komentar:

Saya tertarik dengan tulisan anda, saya juga punya tulisan yang sejenis tentang info pariwisata Indonesia, anda dapat mengunjungi di Eksplor Indonesia

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites