Sunday, August 26, 2012

Apa itu Paypal??

                                    sumber : squidoo


PayPal itu apaan siiiiihhhh??apa gunanyaa?

Mungkin pertanyaan di atas masih kerap ditanyakan banyak orang ketika mendengar PayPal. Sebagian orang yang merupakan pengusaha online mungkin sudah tidak asing dengan PayPal  dan telah menggunakan dan menikmati berbagai kemudahan bertransaksi online dengan Paypal, namun bagi sebagian lagi, nama PayPal  masih sangat asing. Saya akan menjelaskan sedikit apa itu PayPal dan beragam kegunaannya.

PayPal adalah salah satu alat pembayaran secara online dan real time yang memiliki pengguna terbanyak di dunia dan memiliki tingkat keamanan terbaik dalam transaksi secara online. Kegunaannya adalah mempermudah transaksi online, semisal pembelian barang di ebay, keperluan berbayar lainnya dalam internet. Fungsinya menggantikan pengiriman uang melalui cek dan money order yang membutuhkan waktu proses. Dengan PayPal, pengiriman uang dapat dilakukan secara real time ke berbagai situs dan orang di penjuru dunia.

Prinsipnya sama seperti kita memiliki rekening bank. Kita dapat mengisi akun PayPal kita dengan uang dari kartu kredit yang terdaftar dan terverifikasi. Proses verifikasi akun Paypal bisa menggunakan berbagai cara, yakni dengan kartu kredit, kartu debit, rekening bank, dll. Pengguna PayPal di Indonesia baru bisa menggunakan kartu kredit dan rekening bank sebagai alat verifikasi akun, sementara kartu debit belum bisa digunakan sampai saat ini (namun pada beberapa pengalaman orang Indonesia ada yang bisa verifikasi dengan debit). Saya sendiri memilih verifikasi dengan rekening bank mandiri dan BRI dan alhamdulillah berhasil terverifikasi. Banyak orang melakukan proses verifikasi dengan menggunakan VCC (Virtual Credit Card) yang dapat dibeli di berbagai situs maupun forum jual beli seperti kaskus.

Paypal sudah dapat digunakan di Indonesia dan telah bekerja sama dengan berbagai bank lokal dalam melakukan pencairan dana (Withdrawal fund) dari akun PayPal ke rekening bank lokal meskipun membutuhkan waktu dalam proses pencairannya. Namun hal ini sangat membantu terutama bagi pengusaha online.

Saya sendiri menggunakan PayPal dalam bertransaksi di ebay. PayPal merupakan alat pembayaran yang mayoritas digunakan di ebay dan memang terintegrasi dengan ebay dengan baik. Kombinasi keduanya menghasilkan rasa aman dan nyaman dalam transaksi, misalnya terdapat adanya ebay seller & buyer protected yang menjamin keamanan dari penipuan. Dana dari pembeli bisa ditahan oleh ebay dan PayPal karena klaim barang yang tidak sesuai deskripsi atau kiriman belum sampai tujuan oleh pembeli terhadap penjual.  Jadi Paypal memang menjadi alat pembayaran online & real tima yang sangat bermanfaat yang menjanjikan kemanan bertransaksi.

Mudah-mudahan berguna buat semuanya, selanjutnya saya mungkin akan posting tentang tips untuk menghadapi masalah terhadap akun PayPal kita, ditunggu yaaa,,,

regards,

Ibnu Affiano

3 komentar:

akan lebih baik lagi bila bisa verifikasi pakai kartu debit

banyak juga loh yg ga suka punya kartu kredit

nah itu yang disayangkan mas,,,bank disini belum semuanya bekerjasama,,terutama bank2 besar,,cyma NISP yg pernah saya dengar bisa verifikasi kartu debitnya di paypal...

terima kasih sudah mampir mas ario

panduan lengkap paypal...http://tinyurl.com/cx7wug2...just share

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites