Monday, August 27, 2012

Pengalaman Melepas Limit Akun PayPal

                                                    sumber

Setelah sebelumnya udah posting tentang apa itu PayPal yang menjelaskan definisi singkat, manfaat dan kemudahan menggunakan PayPal, sekarang saya mau sharing pengalaman menghadapi masalah yang biasa menimpa akun Paypal dan membuat kita depresi. Masalah itu namanya limit.

Pagi-pagi setelah saya top up saldo PayPal saya dari salah satu seller PayPal balance, saya menerima email dari PayPal yang menjelaskan akun saya telah dilimit oleh PayPal. Apa sih limit itu? Limit dalam akun PayPal berarti akun kita dibatasi penggunaannya. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari transaksi tanpa invoice yang dianggap mencurigakan, sampai karena PayPal melimit akun secara acak untuk konfirmasi identitas pelanggannya.

Kerugian karena akun PayPal kita dilimit adalah kita tidak dapat menggunakan saldo balance kita untuk berbelanja atau keperluan lain, lalu tidak bisa melakukan withdrawal/pencairan balance kita ke rekening bank lokal, dan hanya bisa menerima pembayaran saja.

 Kali ini limit akun saya disebabkan karena transaksi tanpa invoice yang dianggap mencurigakan oleh PayPal. Berikut ini tahapan yang saya lakukan untuk melepaskan limit :
  1. Jangan panik sodara-sodara, tetap tenang dan cool
  2. Klik tab resolution center, di halaman ini akan dijelaskan mengapa akun kita dilimit berikut cara menyelesaikannya
  3. Biasanya PayPal akan meminta foto/scan dari ID card (KTP), SIM, passport, buku tabungan, credit card statement, sampai pada address proof (foto/scan rekening listrik/telepon) sebagai bukti alamat kita sesuai.
  4. Upload semua dokumen yang dibutuhkan pada tautan yang disediakan
  5. Saya menambah tahapan dengan menelpon customer service paypal di Singapura yang nomornya dapat dilihat di halaman 'contact us'. Saya menjelaskan tentang transaksi saya kepada CS nya, dan dia pun meminta dokumen yang tadi disyaratkan pada No.2 di atas.
  6. Tunggu beberapa hari kira-kira 1-3 hari kerja, biasanya akun anda sudah fully restored alias lepas dari limit
Setelah melepaskan limit akun kita, ada baiknya kita mengetahui tips agar akun PayPal kita tidak terkena limit, berikut ini tips yang mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua :
  1. Jangan melakukan transaksi yang mencurigakan (tanpa invoice yang jelas) 
  2. Usahakan melakukan top up balance dengan seller yang recommended dan terpercaya
  3. Usahakan melakukan transaksi dengan pengguna PayPal yang sudah verified
  4. Jangan login PayPal di banyak komputer, usahakan di satu komputer/laptop saja
  5. Berdo'alah supaya akun anda tidak terkena limit oleh PayPal secara random

Mudah-mudahan pengalaman saya ini dapat bermanfaat buat kita semua, bagi yang ingin share tulisan ini silahkan saja dan usahakan mencantumkan sumber link aslinya.


Regards,

Ibnu Affiano

2 komentar:

bagus banget nih bang ibnu.. kita jadi tau mengenai hal ini, jadi harus berhati-hati dalam menggunakan pay pal kalau gitu..


---------------------------
salam..
Iman Prabawa

yup,,,bner nih om iman,,

tp tiap akun PayPal baru memang kena limit deh rata2,,,buat verifikasi data mereka,,,jadi pasti ga pasti jg,,hehehe,,

thx udah mampir oom

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites